Rowosari - MAHASISWA KKN KELOMPOK 108 UPGRIS MELAKUKAN PENGAKTIFKAN DAN OPTIMALISASI KEMBALI WEBSITE DESA ROWOSARI SEBAGAI PUSAT MEDIA INFORMASI LOKAL

MAHASISWA KKN KELOMPOK 108 UPGRIS MELAKUKAN PENGAKTIFKAN DAN OPTIMALISASI KEMBALI WEBSITE DESA ROWOSARI SEBAGAI PUSAT MEDIA INFORMASI LOKAL

Kendal – Di zaman yang serba digital dan modern seperti saat ini sebuah website merupakan salah satu hal yang menjadi salah satu unsur penting dalam proses penyampaian informasi desa. Hal tersebut disebabkan karena pemerintah desa dituntut untuk dapat menyebarkan informasi lebih cepat. Salah satu cara agar dapat menyebarkan informasi lebih cepat adalah melalui internet. Di Indonesia, pada tahun 2019, Presiden Joko Widodo memperkenalkan sebuah kebijakan yaitu Sistem Dilan. Sistem Dilan merupakan singkatan dari “Digital Melayani”, dimana pelayanan publik di Indonesia direformasi menjadi pelayanan berbasis digital atau elektronik. Berdasarkan observasi dan informasi dari perangkat desa terkait, didapatkan bahwa Desa Rowosari memiliki sebuah website resmi. Meskipun demikian, masih ada beberapa poin yang perlu untuk dikembangkan dan diperbaiki. Ada beberapa poin yang menjadi sasaran dalam pengembangan infromasi website Desa Rowosari yang masih harus dioptimalkan lagi, sebagai contoh yaitu dari segi isi dari website desa mulai dari profil desa dan fasilitas umum yang ada di desa serta untuk kabar berita seperti kegiatan maupun agenda kegiatan yang up to date. Poin-poin ini menjadi prioritas utama untuk dikembangkan dan dilengkapi lagi dalam website Desa Rowosari. Agar masyarakat tidak mengalami kendala lagi dalam mengakses informasi mengenai Desa Rowosari.

Berdasarkan hal tersebut, Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) UPGRIS Kelompok 108 Desa Rowosari, melaksanakan kegiatan optimalisasi website Desa Rowosari yang tujuannya untuk lebih memaksimalkan dalam menyajikan informasi-informasi terkait Desa Rowosari, dengan demikian masyarakat bisa mendapatkan manfaat dari website desa sebagai pusat informasi lokal yang lebih autentik dan lengkap. Kegiatan ini juga merupakan program kerja dari bidang Literasi Digital di kelompok 108 KKN UPGRIS yang dilaksanakan selama masa KKN di Desa Rowosari pada periode 16 Februari – 16 Maret 2024. Adapun program kerja ini dilaksanakan dengan metode offsite dan onsite yang dikerjakan melalui laptop bertempatkan di posko Mahasiswa KKN UPGRIS Kelompok 108 dan di Balai Desa Rowosari, Kendal.

Program kerja ini diawali dengan perizinan kepada pihak desa terkait pengembangan informasi website Desa Rowosari sekaligus meminta akses sebagai admin website desa. Dilanjutkan dengan proses pengumpulan data yang digunakan untuk mengisi deskripsi profil Desa Rowosari. Tahap selanjutnya yaitu dengan dilakukannya pengumpulan informasi maupun data-data pendukung dalam pembuatan konten-konten informatif seperti untuk pengisian fasilitas umum yang ada di Desa Rowosari. Pelaksanaan kegiatan KKN UPGRIS kelompok 108 bersama dengan masyarakat Desa Rowosari juga dipublikasikan melalui website Desa Rowosari sebagai bentuk bukti dan tanggungjawab kegiatan program kerja yang telah dilakukan sekaligus sebagai pengenalan kegiatan KKN UPGRIS di Desa Rowosari. Konten-konten informasi maupun output dari beberapa program kerja juga menjadi salah satu bahan publikasi yang disajikan dalam website Desa Rowosari, seperti program kerja bidang Pendidikan mengenai Kegiatan Bimbingan Belajar Siswa-Siswi SD, program kerja bidang kewirausahaan mengenai Pembuatan Totebag Ecoprint, program kerja bidang kesehatan mengenai Kegiatan Senam Bersama dan Sadar Kebersihan maupun program kerja bidang lingkungan mengenai Gerakan Pemanfaatan Gedebog Pisang sebagai Media Tanam Sayuran. Dengan kegiatan pengembangan informasi Desa dalam website Desa Rowosari dan pemberdayaan website desa ini, KKN Kelompok 108 Universitas PGRI Semarang berharap agar dapat menjadi sebuah langkah awal dalam maksimalisasi peran dan fungsi website desa dan perwajahan desa menuju ke arah desa yang lebih informatif dan dikenal oleh khalayak umum lebih luas.

Harapan dari dilakukannya kegiatan ini adalah agar masyarakat Desa Rowosari khususnya untuk perangkat Desa agar dapat terus berkomitmen dalam mengembangkan website desa lebih lanjut lagi serta mempertahankannya sebagai pusat media informasi desa yang meliputi profil dan sejarah desa, nama-nama aparatur desa, fasilitas umum di desa dan kabar informasi desa yang up to date sehingga masyarakat Desa Rowosari dengan mudah mendapatkan informasi terkini mengenai Desa Rowosari secara akuntabel dan transparan. Selain itu juga sebagai media promosi potensi desa sehingga masyarakat luas yang belum pernah berkunjung ke Desa Rowosari menjadi tertarik dan berkunjung.


Dipost : 19 Maret 2024 | Dilihat : 37

Share :